Kaca pembesar adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu melihat objek menjadi tampak besar. Di Flash kita dapat membuat hal yang sama dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan yaitu Mask. Sebelum membaca tutorial di bawah ini ada baiknya anda membaca terlebih dahulu Mask dan Masking dengan mouse.

  1. Buatlah sebuah flash document.
  2. Tekan Ctrl+R, pada panel yang muncul cari gambar yang diinginkan kemudian tekan Open. Letakkan gambar tersebut di tengah-tengah stage.
  3. Seleksi gambar yang dimport tadi dan tekan Ctrl+D untuk menduplikasi objek.
  4. Seleksi gambar hasil duplikasi dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan picture sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
  5. Ubah ukuran movie clip picture menjadi sedikit lebih besar dari gambar yang ada di stage. Letakkan movie clip picture di tengah-tengah stage.
  6. Seleksi movie clip picture dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan picture sebagai instance name.
  7. Buatlah sebuah lingkaran dan seleksi lingkaran tersebut kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
  8. Buatlah sebuah lingkaran dan seleksi lingkaran tersebut kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
  9. Pastikan anda masih menyeleksi movie clip picture kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan lensa sebagai name dan movie clip sebagai type serta pastikan titik registrationnya berada di tengah-tengah lalu tekan ok.
  10. Seleksi movie clip lensa dan masukkan lensa sebagai instance name pada panel properties.
  11. Klik kanan movie clip lensa dan pilih Edit untuk masuk ke dalam stage movie clip lensa.
  12. Gambarlah sebuah persegi panjang dan letakkan di samping movie clip lingkaran sehingga berbentuk seperti gambar di bawah ini:

    Gambar movie clip lensa

  13. Tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1.
  14. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut:
  15. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya (Adobe FLash Player harus diaktifkan untuk melihat demo di bawah ini):

Source code dapat didownload di bawah ini: